DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 5, No 2 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran Geometri Secara Online pada Mahasiswa PGSD di Masa Pandemi Covid-19

Wahyudi Wahyudi (Sebelas Maret University)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2021

Abstract

Masa pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara online dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah  PjBL, (2) meningkatkan pembelajaran Geometri, dan (3) menemukan kendala dan solusi penerapan PjBL pada pembelajaran Geometri secara online. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 4 langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan  refleksi. Subjek penelitian ini  adalah 120 mahasiswa PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen Tahun Akademik 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes.  Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Langkah penerapan PjBL pada pembelajaran meliputi (a) penyajian masalah, (b) perencanaan projek, (c) penyusunan jadwal kegiatan projek, (d) monitoring pelaksanaan projek, (e) presentasi hasil projek, (f) evaluasi hasil projek; (2) Penerapan PjBL dapat meningkatkan pembelajaran Geometri dan (3) Kendala penerapan PjBL adalah (1) sumber belajar masih kurang, (2) kemandirian belajar mahasiswa belum optimal. Aternatif solusinya yaitu (1) menyediakan sumber belajar yang memadai, (2) memonitor kegiatan belajar secara berkala. Simpulan penelitian adalah PjBL dapat meningkatkan pembelajaran geometri secara online pada mahasiswa. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan keaktifan  mahasiswa serta mewujudkan pembelajaran yang lebih variatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...