Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 5, No 2 (2022): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Mathematics Textbooks: an Ideal Overview of Mathematical Literacy

Atika Susanti (Unknown)
Resnani Resnani (Unknown)
Neza Agusdianita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Tantangan abad 21 menuntut pendidikan menyiapkan peserta didik untuk menghadapi masalah yang yang semakin kompleks. Pembelajaran diharapkan mampu mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan  dalam melihat peluang masa depan. Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan oleh peserta didik untuk melihat peluang masa depan. Untuk itu, sumber belajar yang tersedia di sekolah harus mampu mendukung peserta didik untuk melatih keterampilan tersebut. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan buku ajar Matematika yang ideal untuk mengembangkan literasi matematika peserta didik sekolah dasar. Hasil studi ini adalah rekomendasi buku ajar yang dapat melatih kemampuan literasi matematika setidaknya berisi tiga indikator, yaitu: proses, konten, dan konteks. Selain itu, buku ajar untuk literasi matematika di sekolah dasar juga harus dimulai dan berisi konten dalam konteks nyata dalam kehidupan peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...