JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics)
Vol 4, No 3 (2021): November

Sistem Penunjang Keputusan Perankingan Kinerja Terbaik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Utara Menggunakan Metode Simple Addtive Weighting (SAW)

Djufri, Ilham (Unknown)
Abdurahman, Muhdar (Unknown)
Subhan, Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk menentukan perankingan kinerja terbaik gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di Provinsi Maluku Utara dengan penyelesaikan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dalam penelitian ini menggunakan 8 (delapan) bidang yang dijadikan sebagai alternative yaitu Bidang Pencegahan (Alternatif-1), Penanganan (Alternatif-2), Keuangan (Alternatif-3), Pengamanan dan GAKUM (Alternatif-4), Logistik (Alternatif-5), dan Akuntabilitas dan Pengawasan (Alternatif- 6), Bidang Pemulihan Layanan Dasar (Alternatif-7), dan Perencanaan, Data, Pakar, dan Analisis (Alternatif-8). Kinerja gugus tugas pecepatan penanganan COVID-19 di Maluku Utara sesuai bidang masing-masing perlu diukur secara matematis.Dalam melakukan proses perhitungan kinerja Gugus tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Utara, peneliti menggunakan 6 (enam) criteria sebagai acuan dalam analisis penunjang pengambilan keputusan yaitu C1 = Kedisiplinan Kerja, C2 = Pendidkan terakhir, C3 = Pengalaman Kerja, C4 = Kerja sama, C5= Keaktifan, C6= Kesehatan dan Self Development personel. Sehinggan akan menghasilakan perankingan berdasarkan hasil perhitungan nilai tertinggi. Hasil perhitungannya adalah Alternatif-1 = 0,85 dengan kategori Sangat Baik , Alternatif-7, = 0,82, Alternatif-3 = 0,76, Alternatif-2 = 0,71, Alternatif-6 = 0,71 dan Alternatif-4 = 0,69 dengan kategori Baik, dan Alternatif-8 = 0,66 dan Alternatif-5 = 0,65 dengan kategori Kurang Baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSAI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal terbitan dibawah fakultas teknik universitas muhammadiyah bengkulu. Pada jurnal ini akan membahas tema tentag Mobile, Animasi, Computer Vision, dan Networking yang merupakan jurnal berbasis science pada informatika, beserta penelitian yang berkaitan dengan implementasi metode dan atau ...