Almufi Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2021): Vol. 1, No. 2 Agustus (2021)

Strategi Belajar-Mengajar IPA Kelas IV Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 4 Bandingan Kabupaten Banjarnegara

Esti Islamiati (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Wakhudin (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru, orang tua, dan siswa dalam melaksanakan proses belajar-mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 4 Bandingan, Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam proses belajar-mengajar IPA kelas IV pada masa pandemi Covid-19 yaitu menggunakan strategi pembelajaran mandiri pembelajaran dilakukan pada masa pandemic covid-19 dengan melaksanakan program belajar dari rumah melalui program mingguan, siswa mendapat tugas untuk dikerjakan dirumah selama satu minggu, dalam program mingguan tersebut guru menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi pada siswa, menggunakan model pembelajaran inquiry, metode ceramah dan pemberian tugas, dengan media jenis multimedia dan menggunakan teknik serta taktik yaitu menggunakan video praktik. Kendala yang dihadapi yaitu di antaranya guru tidak dapat memantau atau mengontrol siswa secara langsung, siswa yang tidak mempunyai gadget dan susah sinyal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AJP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Almufi jurnal Pendidikan didirikan sejak tahun 2021, jurnal ini di singkat dengan AJP. Almufi jurnal Pendidikan (AJP) menerima artikel berupa hasil penelitian pada bidang pendidikan secara umum. terkhusus pada perkembangan siswa, belajar dan pembelajaran, serta masalah lain yang berkaitan dengan ...