Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 2 No 1 (2021): November

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS BANDAR AGUNG LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Artati Anggita Putri (Universitas Muhammadiyah Metro)
Triani Ratnawuri (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO)
Meyta Pritandhari (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Permasalahan yang selalu muncul pada saat pembelajaran adalah peserta didik lebih cenderung menghafal daripada memahami. Peran peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang yaitu hanya sedikit yang menunjukkan keaktifan berpendapat dan bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran berbasis masalah, besarnya peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui strategi pembelajaran berbasis masalah mata pelajaran IPS kelas VIIB MTs Bandar Agung Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS kelas VII B MTs Bandar Agung Lampung Timur sudah terlaksana dengan baik. Dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari tahap pra tindakan 8 peserta didik (20%) yang mampu mendapat nilai di atas KKM. Kemudian dari pra tindakan ke siklus I kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 25% dengan jumlah 18 peserta didik (45%). Sedangkan siklus l ke siklus ll mengalami peningkatan sebesar 25% dengan jumlah 28 peserta didik (70%) yang sudah mampu mencapai KKM. Dari tahap pra tindakan sampai dengan siklus ll terjadi adanya peningkatan yang karena hampir setiap indikator kemampuan berpikir kritis telah mengalami peningkatan dan mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...