Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018

PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA RK BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD VS MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Vita Riahni Saragih (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA RK Bintang Timur Pematangsiantar yang diajar melalui model pembelajaran STAD vs model pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA RK Bintang Timur Pematangsiantar yang berjumlah 200 orang dengan jumlah sampel 100 orang siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel berkelompok (cluster sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain 5. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis karangan eksposisi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=7,28 sedangkan dari daftar distribusi untuk α=0,05 dan dk=98, diperoleh harga ttabel 1,657 dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung ttabel atau 7,28 1,657, sehingga Ha diterima Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA RK Bintang Timur Pematangsiantar dengan menggunakan model STAD lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...