Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019

KORELASIONAL KARAKTER BERDEMOKRASI DAN HASIL BELAJAR PKN DI SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

Sepriandison Saragih (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Abstrak. Karakter demokratisasi dikembangkan dengan paradigma baru tentang keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, yang tidak hanya aktif dalam proses pembelajaran, tetapi mereka juga diberi kesempatan untuk menentukan kegiatan belajar yang akan mereka lakukan, bersama dengan guru-guru mereka yang memiliki semua bentuk-bentuk hubungan positif antara persepsi karakter dengan hasil belajar siswa. Prioritas pendidikan karakter yang tertanam pada siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar tercermin dalam proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru kewarganegaraan yang sangat mendukung pembentukan karakter demokrasi. Tujuan atau penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan karakter siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar; (2) untuk mengetahui hasil belajar kewarganegaraan siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar; dan (3) untuk mengetahui korelasional antara karakter demokrasi dan hasil belajar kewarganegaraan siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah semua siswa di kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Jumlah sampel penelitian adalah 60orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) karakter demokrasi kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar cukup baik, dan tinggi, di mana siswa menegakkan karakter demokrasi dengan baik dalam lingkungan sekolah dan masyarakat;(2) hasil belajar kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar cukup baik dengan rata-rata 75,98; dan (3) terdapat korelasional antara karakter demokrasi dan hasil belajar kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar di mana berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh r hitung (0,396) r tabel (0,148). Jadi, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasional untuk 0,396 adalah signifikan, yang berarti ditemukan hubungan antara variabel X (karakter demokrasi) dan variabel Y (hasil belajar kewarganegaraan).Kata kunci: Relasi, Karakter Demokrasi, Kewarganegaraan,                     Hasil Belajar Abstract. The character of democratization was developed with a new paradigm of student involvement in the learning process, which is not only active in the learning process, but they are also given the opportunity to determine the learning activities they will do, together with their teachers who have all forms of positive relations between character perception with student learning outcomes. The priority of character education embedded in SMA Negeri 2 Pematangsiantar is reflected in the learning process implemented by citizenship teachers who strongly support the formation of democratic character. The objectives of this research are: (1) to describe the character of Grade X students of SMA Negeri 2 Pematangsiantar; (2) to find out the results of citizenship learning at SMA Negeri 2 Pematangsiantar students; and (3) to find out the correlation between the character of democracy and the citizenship learning outcomes of SMA Negeri 2 Pematangsiantar students. The research method uses a quantitative descriptive approach with the correlational method. The study population was all students in class X SMA Negeri 2 Pematangsiantar. The number of research samples is 60 people. The results of this study indicate that: (1) the democratic character of citizenship in class X of SMA Negeri 2 Pematangsiantar is quite good, and high, where students uphold the democratic character well in the school and community environment; (2) the citizenship learning outcomes of grade X students of SMA Negeri 2 Pematangsiantar were quite good with an average of 75.98; and (3) there is a correlation between the character of democracy and citizenship learning outcomes of grade X students of SMA Negeri 2 Pematangsiantar where based on the results of data processing r counts (0.396) r tables (0.148). So, it can be concluded that the correlational coefficient for 0.396 is significant, which means that the relationship between variable X (democratic character) and Y variable (citizenship learning outcomes) is found.Keywords: Relationships, Character of Democracy,                   Citizenship, Learning Outcomes

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...