BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks
Vol 5, No 2 (2017): August

Peningkatan Pemasaran Produk Unggulan Berbasis Marketing Mix Method

Isthofaina Astuty (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2017

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah: 1) Untuk melakukan pendampingan promosi yang sesuaidengan target konsumen; 2). Untuk membuat model pengembanagn distribusi yang menjaminkonsumenmudahmendapatkanproduk; 3). Untuk membuat model penentuanhargaproduk (Melin) yang sederhana. Adapun masalah yang dihadapi oleh mitra adalah: a) belum memiliki kemampuan menentukan harga jual yang kompetitif dan memberikan tingkat keuntungan yang layak, b). belum memiliki kemampuan mendesain program promosi yang sesuai dengan produk dan target pemasaran,serta c) belum memiliki kemampuan dalam mendesain jalur distribusi atas produk yang menjadi target pemasaran. Adapun metode pelaksanaan yang dipilih untuk menangani masalah adalah survey, penyuluhan, pengadaan dan pendampingan. Hasilnya, (1). Promosi di setiap masjid dan lembaga pendidikan yang ditetapkansebagaiberikut: Promosi Oral, Promosi Brosur, Promosi memberikan sampel, Promosi dengan membuka stand, Promosi layanan; (2).Distribusimelaluiwadahekonomi masjid atau ranting (KedaiAmanah); (3).model penetapan harga produk Melin yang direkomendasikan harga beli ranting ke cabang. Luaran dari program pendampingan ini adalah : 1). model penentuan harga jual produk yang memasukkan unsur biaya yang relevan , 2) model promosi yang modern dan sesuai dengan target konsumen , serta 3) model distribusi yang menjamin konsumen mudah mendapatkan produkKata Kunci:: Pemasaran, Produk Unggulan , Marketing Mix.

Copyrights © 2017