Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 2 (2018): Edisi Maret 2018

Efektivitas penggunaan metode clustering terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa ditinjau dari penguasaan kosakata

Adi Permana (Universitas Indraprasta PGRI)
Bambang Sumadyo (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah efektifitas penggunaan metode clustering terhadap kemampuan menulis narasi ditinjau dari penguasaan kosakata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol sebagai pembanding. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Al Ihsan Sawangan Depok sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi 4 kelas penelitian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) Terdapat efektifitas metode pembelajaran terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini ditandai dengan nilai sig untuk metode pembelajaran 0.004 0.05; 2) Terdapat efektifitas penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini ditandai dengan nilai sig untuk penguasaan kosakata 0.008 0.05; 3) Terdapat efektifitas metode pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini diandai dengan nilai sig untuk metode pembelajaran dan penguasaan kosakata 0.015 0.05 dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh interaktif metode pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi.Kata Kunci : metode clustering, penguasaan kosakata, menulis narasi, pengaruh. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...