JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol 1 No 2 (2019): July Edition

Penerapan Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Fajar Fahrur Rozi (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Pratik Hari Yuwono (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Agung Nugroho (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diripeserta didik pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui strategi Rotating Trio Exchange (RTE). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kebakalan yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi sikap percaya diri peserta didik dan skala sikap. Hasil penelitian sikap percaya diri peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 3,02, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 3,5. Peningkatan ini juga didukung dengan hasil observasi sikap percaya diri peserta didik dengan persentase siklus I sebesar 63% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 86%, artinya sikap percaya diri peserta didik sudah sangat baik saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar peserta didik tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kebakalan Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...