MEDIA BINA ILMIAH
Vol 16, No 6: Januari 2022

Alternatif Strategi Pengembangan Usaha Warung Kopi Melalui Pendekatan Business Model Canvas Di Masa Pandemi Covid-19

Yulia Yulia (Universitas Bangka Belitung)
Rostiar Sitorus (Universitas Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Meningkatnya industri warung kopi menjadi salah satu indikasi bahwa adanya pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia. Wabah Covid-19 seperti yang ada sekarang ini, membuat banyak pelaku usaha kedai kopi yang tutup dikarenakan tidak memiliki kemampuan untuk bertahan. Tentu dibutuhkan sebuah strategi dengan pemodelan bisnis yang tepat, agar bisa bertahan ditengah ancaman virus Covid-19. Warung kopi tung tau merupakan salah satu warung kopi yang berada di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan alternatif model bisnis baru pada pengembangan usaha warung kopi tung tau melalui pendekatan business model canvas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kanvas bisnis model dan menggunakan metode penarikan contoh dengan  purposive sampling. Berdasarkan sembilan elemen di dalam business model canvas dibentuk strategi alternatif sebagai strategi utama dalam merumuskan BMC di warung Kopi tung tau. Formulasi strategi alternatif yang tepat dapat berpotensi membantu warung Kopi untuk terus mengembangkan usaha nya ditengah tantangan industri dan wabah covid 19, namun perlu disesuaikan dengan setiap fase kebutuhan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh lembaga pengembangan sumber daya insani. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta ...