Desa Guwang sebagai salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali memiliki potensi alam yang sangat menarik. Desa Guwang yang terkenal dengan objek wisata Hidden Canyon Beji Guwang juga memiliki sumber mata air yang berpotensi untuk dikelola dalam memenuhi kebutuhan air mineral bagi masyarakat Guwang. Sumber mata air yang kemudian menjadi air mineral kemasan dengan nama Toya Beji tersebut dikelola di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Garuda Wisnu Prabawa. Dalam memperkenalkan air mineral kemasan kepada masyarakat tentu mengalami proses yang tidak mudah, upaya branding yang dilakukan menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh pengelola Toya Beji. Untuk mengidentifikasi proses branding tersebut peneliti memfokuskan penelitian ini pada strategi branding serta bauran promosi yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik metode observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam tahapan menciptakan brand equity terdapat beberapa tahapan yang perlu dilaksanakan serta perlu dimaksimalkannya bauran promosi sebagai strategi komunikasi pemasaran dalam memperkenalkan Toya Beji.
Copyrights © 2021