Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI
Vol 1 No 3 (2021)

Analisis Determinan Pendapatan Mitra Gojek Di Kota Metro

Dinda Kurnia Saputri (Universitas Muhammadiyah Metro)
Durotun Nasikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2021

Abstract

Abstrak Semakin banyaknya penyedia jasa transportasi online saat ini selain membuka peluang usaha bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan namun juga berdampak terhadap pendapatan dari mitra akibat semakin mengecilnya market share antar mitra ojek online dimana hal tersebut terkait dengan jumlah pekerjaan yang dapat mereka selesaikan serta ditambah lagi dengan adanya perbedaan jam kerja, tarif, insentif dan keberadaan competitor yang semakin banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis determinan pendapatan Mitra Gojek di Kota Metro. Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif atau penelitian verifikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory survey. Objek dalam penelitian ini adalah jam kerja, tarif, insentif, competitor dan pendapatan mitra gojek. Kegiatan penelitian ini dilakukan di Kota Metro. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara partial jam kerja, insentif dan kompetitor berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan mitra Gojek, sedangkan tarif tidak berpengaruh terhadap pendapatan mitra Gojek. Secara simultan Jam kerja, tarif, insentif dan kompetitor secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendapatan mitra Gojek. Berdasarkan angka coefisiensi dan nilai thitung dapat diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap pendapatan mitra gojek adalah faktor insentif. Kata kunci: jam kerja, besaran tarif, insentif, kompetitor, pendapatan mitra Gojek ABSTRACT The increasing number of online transportation service providers at this time apart from opening business opportunities for those who have not got a job but also having an impact on income from partners due to the decreasing market share between online motorcycle taxi partners where this is related to the amount of work they can complete and added more to the existence of differences in working hours, tariffs, incentives and the presence of more competitors. The purpose of this study was to analyze the determinants of Gojek Partners' income in Metro City. The research design is quantitative research or verification research. The method used in this research is explanatory survey method. Objects in this study are working hours, rates, incentives, competitors and income of Gojek partners. This research activity was carried out in Metro City. Total sample of 96 respondents. The data collection technique used a questionnaire. The analytical tool used is multiple linear regression analysis. The results showed that partially working hours, incentives and competitors had a positive and significant effect on Gojek partners 'income, while tariffs had no effect on Gojek partners' income. Simultaneously working hours, rates, incentives and competitors simultaneously have a positive and significant effect on Gojek partner income. Based on the coefficient number and the tcount value, it can be seen that the factor that most influences the income of Gojek partners is the incentive factor. Keywords: working hours, tariff rates, incentives, competitors, Gojek partner income

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diversifikasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI (e-issn: 2774-5309, p-issn: 2774-5295) adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal ini diterbitkan dalam jangka waktu triwulanan dalam satu tahun yaitu Maret, Juni, September dan ...