cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal.diversifikasi@gmail.com
Phone
+6281369024099
Journal Mail Official
jurnal.diversifikasi@gmail.com
Editorial Address
durotunnasika82@gmail.com, fuadi77.sl@gmail.com
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI
ISSN : 27745295     EISSN : 27745309     DOI : https://dx.doi.org/10.24127
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI (e-issn: 2774-5309, p-issn: 2774-5295) adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal ini diterbitkan dalam jangka waktu triwulanan dalam satu tahun yaitu Maret, Juni, September dan Desember. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI memiliki fokus dan skop keilmuan pada bidang ilmu manajemen yang terdiri dari Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Operasional.
Articles 108 Documents
Pengaruh Labelisasi Halal dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Korea pada Konsumen di Kota Metro Prastya, Yudha; Suryadi, Suryadi
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.39 KB)

Abstract

Label halal dan citra merk merupakan hal yang cukup dipertimbangkan masyarakat Indonesia sebelummemutuskan untuk membeli suatu produk makanan dan minuman dikarenakan Indonesia merupakannegara dengan mayoritas muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhlabelisasi halal dan citra merk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk Mie InstanKorea di pada konsumen Kota Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeexplanatory survey. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan objek penelitian adalahlabelisasi halal, citra merk dan keputusan pembelian. Populasi penelitian adalah konsumen di KotaMetro dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan datamenggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan analisa kualitas data dananalisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa labelisasi halal dan citra merkterhadap keputusan pembelian konsumen. Melihat signifikansi yang diperoleh maka variabel yangpaling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah citra merk produk.
Pengaruh Brand Images dan Fashion Involvement terhadap Consumer Buying Decision Process Sepatu Bata Dikalangan Mahasiswa FEB UM Metro Fitriana, Linda; Suharto, Suharto; Suwarto, Suwarto
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.715 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand images dan fashion involvement terhadapbuying decision. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan metodeexplanatory survey dan teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling terhadap 160 orangresponden pelanggan sepatu Bata menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengujian persyarataninstrumen yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji normalitas, uji homogenitas,uji linieritas dan keberartian regresi sebagai pengujian persyaratan analisis SEM (Structural EquationModeling), dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM (Structural EquationModeling). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis SEM (Structural EquationModeling) diperoleh brand images berpengaruh terhadap buying decision, fashion involvementberpengaruh terhadap buying decision, dan brand images berpengaruh terhadap fashion involvement.
Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Distro Legacy di Kota Metro Widiarty, Tri; Baskoro, Ery; Fitriani, Fitriani
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.591 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citra merek, kepercayaan dan harga berpengarpositif terhadap keputusan pembelian pada Distro Legacy. Metode penelitian yang digunakan adapenelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan adalah analiregresi linier berganda untuk mengetahui variabel dependen dan independen dengan alat bantu progrkomputer yaitu SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah 1) Variacitra merek tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 2) variabel kepercayaan secsimultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 3) variabel harga secara simultan berpengaterhadap keputusan pembelian, 4) secara simultan variabel citra merek, kepercayaan dan haberpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Distro Legacy.
Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online dan Pengalaman Pembelian terhadap Belanja Produk Online Aprilia, Ratna; Suryadi, Suryadi; Yateno, Yateno
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.316 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan adalah 1) untuk mengetahui pengaruh orientasi belanjaterhadap belanja produk online. 2) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan online terhadap belanjaproduk online. 3) Untuk mengetahui pengaruh pengalaman pembelian terhadap belanja produk online.4) Untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja, kepercayaan online dan pengalaman pembelianterhadap belanja produk online. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi DanBisnis Program Studi Manajemen 2016 di Universitas Muhammadiyah Metro. Sampel yang digunakandalam penelitian ini adalah 118 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakanpersamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji f. Hasil penelitian untukpersamaan regresi linier berganda diperoleh Y = 50,706 + 0,190 X1 + 0,174 X2 + 0,236 X3.Berdasarkan hasil uji t, hipotesis Ho diterima dan hipotesis Ha ditolak dimana thitung > ttabel. Makasecara parsial kepercayaan online (X2), dan pengalaman pembelian (X3) memiliki pengaruh signifikanterhadap berbelanja online (Y). Hasil uji simultan menunjukkan bahwa orientasi belanja (X1),kepercayaan online (X2), dan pengalaman pembelian (X3) secara bersama-sama berpengaruh positifsecara signifikan terhadap belanja online (Y).
Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping terhadap Impulse Buying dari Penjualan Online di Media Sosial Instagram (Studi pada Mahasiswa FEB UM Metro) Zakiyah, Lulu; Yateno, Yateno; Imantoro, Jati
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.146 KB)

Abstract

Belanja online adalah sebuah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui media berupa situs-situsjual beli online ataupun jejaring sosial yang menyediakan barang atau jasa. Perilaku pembelian tidakterencana dipengaruhi oleh Shopping Lifestyle yang terdiri dari setiap tawaran iklan mengenai produkfashiondanHedonic Shopping yang tercipta dengan adanya gairah berbelanja seseorang yang mudahterpengaruh model terbaru dan berbelanja menjadi gaya hidup seseorang untuk memenuhi kebutuhansehari- hari. Impulse buying atau pembelian tidak terencana ini merupakan fenomena yang harusdiciptakan untuk bisa dijadikan peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualannya. Tujuandari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh shopping Lifestyle dan hedonic shopping terhadappembelian tak terencana (impulse buying) pada mahasiswa FEB UM Metro yang berbelanja dipasaronline media sosial instagram. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlahsampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shoppinglifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping berpengaruhpositif dan signifikan terhadap impulse buying, shopping lifestyle dan hedonic shopping secarabersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada mahasiswa FEB UMMetro yang berbelanja online di media social Instagram.
Analisis Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return on Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham Perusahaan-Perusahaan pada Jakarta Islamic Index (JII) Periode Tahun 2016 – 2018 Istiqomah, Istiqomah; Febriyanto, Febriyanto; Japlani, Ardiansyah
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.392 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kinerja keuangan yaitu Earning Per Share(EPS), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap return saham padaperusahaan-perusahaan yang masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) pada periode 2016 hingga2018. Saham syariah merupakan saham-saham perusahaan yang dalam operasionalnya tidakbertentangan dengan syariat Islam, baik mengenai produk maupun manajemennya. Sampel penelitianini terdiri dari 30 perusahaan dengan jumlah data pengamatan sebanyak 90 data pengamatan. Metodepengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan puposive sampling. Metode pengujian hipotesisyang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkanbahwa variabel Earning Per Share (EPS), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER)tidak berpengaruh terhadap Return saham. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwaEarning Per Share (EPS), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruhpositif terhadap Return saham.
Pengaruh Kepuasan Kerja, Stres Kerja dan Tuntutan Kerja terhadap Turnover Intention Lestari, Yulia Tri; Ma’ruf, M. Siddiq Al; Sanjaya, Vicky F
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.163 KB)

Abstract

Karyawan merupakan bagian yang memiliki peran utama dalam perkembangan perusahaan,oleh karena itu kenyamanan dan kepuasan karyawan penting untuk diutamakan, penelitimerasa penting untuk melakukan penelitian tentang seberapa kuat pengaruh dari kepuasankerja terhadap turnover intention, stres kerja terhadap turnover intention, dan tuntutan kerjaterhadap turnover intention. Untuk dapat diketahui variabel mana yang paling berpengaruhterhadap turnover intention. Uji kualitatif ini dilakukan agar kita bisa menganalisa danmenerapkan standar kerja yang baik agar tercipta hasil yang optimal dan menghasilkankualitas sumber daya manausia yang dapat bersaing di ruang lingkup internasional.
Pengaruh Kewajaran Harga dan Perkembangan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion pada Dealer Lautan Teduh di Purbolinggo Arlin, Deni Vavi; Imantoro, Jati
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.453 KB)

Abstract

Based on the results of the pre-survey, what became a phenomenon in this study was that there were still customers who were dissatisfied with the fairness of prices and price developments at Lautan Teduh Purbolinggo Dealers. In connection with these problems, the formulation of the problem in this study is "How much influence is fairness and price developments simultaneously affect customer satisfaction?". From these problems, the purpose of this study is to determine whether reasonableness and price developments simultaneously affect customer satisfaction. The method used in this research is the explenatory survey method, which is a survey used to explain the causal relationship between two variables through hypothesis testing which is formulated or often referred to as explanatory research. The data analysis technique used in this research is simple linear regression, partial t test, and r2 determination. Based on data analysis performed using a simple linear regression formula, it is obtained y '= 3.982 + 0.678X1 + 0.292X2 + e. Furthermore, it will be proven by the calculation of data analysis, namely the value of t and t table, the value of t count X1 is 5.995, which means that Tcount > T table (5.995> 1,670) with a significance level of 0.000 ≤ 0.05. While the value of Tcount X2 is 2,629, which means that T count > T table (2,629> 1,670) with a significance level of 0.011 ≤ 0.05. The R2 (R Square) test results obtained 0.778 or 77.8%, which means that customer satisfaction is influenced by the reliability variable, the remaining 22.2% is influenced by other factors not examined in this study. Thus, it is concluded that H1is accepted, which means that reliability in service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction.
Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Domestik pada Wisata Pantai Sari Ringgung di Kabupaten Pesawaran Lampung Selatan Prayogo, Agung; Baskoro, Ery
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.505 KB)

Abstract

Based on the field findings, it is found that the problems that occur are the decrease in the level of tourist visits at Sari Rutut Beach on weekdays, and the lack of success in increasing tourism objects due to ineffective promotions. The purpose of this study was to determine the effect of advertising and promotion on the level of domestic tourist visits to Sari Rutut Beach in Pesawaran Regency. This research is a quantitative research. With this type of explanatory survey research, and advertising and promotion as independent variables and the level of domestic tourist visits as the dependent variable. The technique of determining the sample is accidental sampling, as many as 73 visitors were met at the time of the study. As a measurement tool used 60 questionnaire items with Likert scale measurement and analyzed using multiple linear regression. Methods of data collection by observation, interviews, questionnaires and documentation. The results of the study using the t test (partial) showed the value of the effect of advertising on the level of tourist visits, namely tcount> ttable (1.673 1.669), and the value of the effect of promotion on the level of tourist visits, namely tcount> t table (2.606 1,669). While the f test (simultaneous) shows the value of the effect of advertising and promotion simultaneously on the level of tourist visits, namely fcount> ftabel (11.284> 3.737). From the calculation of the R square value, the ability of the independent variable to explain the variance of the dependent variable is 63.5%, which means that 36.5% of the variance of the dependent variable is explained by other factors not examined.
Penerapan Analisis SWOT terhadap Pencapaian Target Pembiayaan Mikro Syariah pada BPRS Mitra Agro Usaha di Bandar Lampung Hasan, Afif Somantri; Ratmono, Ratmono
Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.016 KB)

Abstract

Talking about the perception of our society about the Bank, we can be sure that the perception that arises is that the Bank is an institution for saving money. The condition in the field states that not all levels of society have made maximum use of bank products. The condition of banking is one of the sectors which is expected to be able to play an active role in supporting national development activities. This role is manifested in its main function as an intermediary institution or intermediary institution between debtors and creditors. Thus, economic actors who need funds to support their activities can be fulfilled and then the wheels of the economy move. The formulation of the problem in this study is "How is the application of SWOT analysis to the achievement of financing targets in BPRS Agro Business Partners?". This research is a descriptive exploratory study with an expose facto approach, because it aims to describe the state of the phenomena that occur in the field. The technique used in data collection in this research is using literature study, field study, and questionnaires. This study uses a SWOT analysis. The first step is to formulate a strategy, namely SO, WO, ST, and WT. The results of the study indicate that the BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung has strengths, namely operating with the sharia system, strategic location, short and fast bureaucracy, and has a legal entity. The weakness is that it is difficult to find human resources in the marketing sector and as a new bank that is not widely known by the public. Meanwhile, the opportunities are good business prospects, approaches with government agencies, and small business activities are very potential within the BPRS MAU. The threats are competition between banks and competition at the margin level.

Page 1 of 11 | Total Record : 108