Jurnal Ilmiah SEMANTIKA
Vol. 2 No. 01 (2020): Agustus

ANALISIS PENELAAHAN PUISI RAKYAT DENGAN STRATEGI PQ4R

Lina Yuliawati (Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro)
Sutrimah Sutrimah (Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro)
Cahyo Hasanudin (Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Puisi rakyat merupakan karya satra yang tertentu bentuknya dan penyusunannya sesuai ekpresi penyair. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur bagaimana kemampuan kelas VII dalam menelaah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Sumber data diambil dari jurnal nasional dan buku belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk telaah struktur dan kebahasaan pantun yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baureno dengan strategi PQ4R di katagorikan baik, 2) bentuk telaah struktur dan kebahasaan syair yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baureno dengan strategi PQ4R di katagorikan baik, dan 3) bentuk telaah struktur dan kebahasaan gurindam yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baureno dengan strategi PQ4R di katagorikan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semantika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Hasil penelitian, tinjauan pustaka ( literature review ) dan/atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya, yang khusus mengkaji Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Sastra Indonesia, Pembelajaran BIPA, Sastra Murni, Linguistik, dan Teknologi Pembelajaran Bahasa ...