MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta
Vol 5 No 1 (2019): MEDIKONS

KORELASI ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 SALAM PASCA BENCANA LAHAR DINGIN MERAPI

Eka Aryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2019

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara keterampilan sosial dengan resiliensi pada siswa SMK Negeri 1 Salam pasca bencana lahar dingin merapi. Metode penelitian menggunakan pendekatan korelasional. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Salam yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala keterampilan sosial (uji validitas diperoleh kisaran korelasi item antara 0,406 sampai 0,775, sedangkan uji reliabilitasnya 0,954) dan skala resiliensi (uji validitas diperoleh kisaran korelasi item antara 0,365 sampai 0,665, sedangkan uji reliabilitasnya 0,931). Uji hipotesis menggunakan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment yang sebelumnya diawali dengan uji asumsi : uji normalitas Kolmogorov-Smirnov a ( masing-masing variabel memiliki Sig.0,200 > 0,05) dan uji linearitas (0,486 > 0,05). Hasil penelitian menunjukkan 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan secara signifikan antara keterampilan sosial dan resiliensi. Tingkat hubungan masuk dalam kategori kuat (0,755 > r tabel, 0,361). Koefisien korelasi sebesar 0,755. Dari hasil ini diketahui koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,57. Besar sumbangan keterampilan sosial terhadap resiliensi menunjukkan 57%, dan 43% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.Kata kunci : keterampilan sosial, resiliensi, bencana lahar dingin merapi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mdk

Publisher

Subject

Education

Description

Medikons, publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least peer-reviewers using blind review method. Medikons publishes articles on practice, theory, ...