Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 1 (2019)

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Hots

Mandra Saragih (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Habib Syukri Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

AbstrakKurikulum 2013 sebagai acuan kegiatan belajar mengajar mengalami beberapa revisi. Hal tersebut membuat guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran seperti yang diamanatkan Kurikulum 2013. Kesulitan tersebut ialah dalam proses pelaksanaan pembelajaran dan penilaian berorientasi keterampilan berfikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan keterampilan ini merupakan salah satu sasaran wajib pemerintah untuk menyiapkan peserta didik menghadapi persaingan indusrti abad 21 atau industri 4.0. Situasi ini membuat pihak sekolah membutuhkan pelatihan khusus dan intensif guna memahamkan guru tentang keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS). Adapun metode yang diberikan pada kegiatan ini adalah menerapkan pola “ In – On” atau ( In Service dan On Service ). Kegiatan kemitraan masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan Guru dengan pola In-On untuk meningkatkan kualitas  pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS dengan memperkenalkan metode metakognitif dan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dilokasi sekolah mitra. Setelah dilakukan workshop, secara umum guru di SMP Muhammadiyah telah meningkat kemampuan dalam menyusun soal HOTS. Secara keseluruhan peningkatan mencapai 21, 5%. Workshop ini juga telah menghapus disparitas kemampuan guru dalam menyusun soal. Semua guru telah mampu menyusun indikator pembelajara berdasarkan kata kerja operasional masing-masing ranah pengatahuan dan ranah keterampilan.

Copyrights © 2019