MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 4 No 3 (2019): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema Pythagoras pada Siswa SMP

Angelina I. Cunha (Mahasiswa Pendidikan Matematika Unimor)
Eva Binsasi (Program Studi Pendidikan Matematika Unimor)
Selestina Nahak (Program Studi Pendidikan Matematika Unimor)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kesalahan siswa serta mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Teorema Pythagoras. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu 3 orang siswa kelas IX B SMP St. Yosef Maubesi yang melakukan kesalahan tingkat tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami masalah, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut yaitu (1) siswa tidak mampu mentransformasikan soal ke dalam bentuk gambar, (2) siswa lupa menuliskan yang diketahui dan yang ditanyakan dalam jawaban, (3) siswa hanya terpaku dengan rumus yang sudah dihafalnya, (4) siswa tidak dapat membedakan perkalian biasa dengan perkalian berpangkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...