CONSILIA
Vol 5, No 1 (2022)

KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL DENGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA SMP IT HIDAYATULLAH KOTA BENGKULU DAN IMPLIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING

Dianayu Ambarsari (Universitas Bengkulu)
Hadiwinarto Hadiwinarto (Universitas Bengkulu)
Anna Ayu Herawati (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2022

Abstract

Full day school merupakan pilihan untuk mengatasi berbagai persoalan pendidikan, baik secara akademis maupun dari segi moralitas dan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara pembelajaran full day school dan karakter peduli sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk melakukan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 85 siswa dari SMP IT Hidayatullah Kota Bengkulu pada kelas VII, VIII, dan IX. Sampel penelitian terdiri dari 46 siswa yang diambil dari seluruh kelas VII, VIII, dan IX dengan bantuan statified random sampling. Instrumen pembelajaran full day school memiliki reliabilitas 0,788, sedangkan instrumen karakter peduli sosial memiliki reliabilitas 0,759. Dengan rxy 0,448 dan tingkat signifikan 0,002 (p0,05), temuan mengungkapkan hubungan yang kuat antara pembelajaran pembelajaran full day school dan karakter peduli sosial. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pembelajaran full day school dengan karakter peduli sosial.Kata Kunci: Pembelajaran full day school, karakter peduli sosialĀ CORRELATION BETWEEN FULL DAY SCHOOL LEARNING WITH SOCIAL CARE CHARACTERS OF STUDENTS OF IT HIDAYATULLAH SMP BENGKULU CITY ANDIMPLICATIONS OFGUIDANCE AND COUNSELINGABSTRAKIt is a full-day school an option to solve a variety of educational issues, both academically and when it comes to morality and character. The purpose of this study was to see whether there had been a relationship between full day schooling and after-school activities social care character of students. This study uses a correlational approach to conduct descriptive quantitative research this study's participants were 85 students from SMP IT Hidayatullah Bengkulu City in grades VII, VIII, and IX. The research sample consisted of 46 students taken from all grades VII, VIII, and IX using statified random sampling technique. The full day school learning the instrument offers a high level of dependability 0.788, while the social care character the instrument offers a high level of dependability. 0.759. With an rxy of 0.448 and a significant level of 0.002 (p0.05), the findings reveal a considerable positive association between the two variables full day school learning and social care characters. This shows that there is a relationship between full day school learning and social care characters.Keywords: full day school learning, social care character

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...