PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN
Vol 7, No 2 (2020): PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN

PENGGUNAAN BOOK OF SEX EDUCATION ANIMATED CARTOONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEKS SISWA SEKOLAH DASAR

Ninawati, Mimin (Unknown)
Wahyuni, Nur (Unknown)
Zulfadewina, Zulfadewina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2020

Abstract

Banyak kasus kejahatan seksual pada anak terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penyebab tingginya kasus kejahatan seksual pada anak adalah tidak adanya pendidikan seks sejak dini baik dalam keluarga maupun di sekolah. Pendidikan seks pada anak harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak dan menggunakan cara dan media yang mudah dipahami oleh anak. Pendidikan seks pada siswa sekolah dasar sebagian besar mengenai cara kita menjelaskan tentang bagian tubuh dan fungsi tubuh, bagaimana kita mengajar anak-anak untuk merawat, menghargai, dan melindungi tubuhnya, dan ketika kita mempersiapkan anak kita untuk pubertas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan book of sex education animated cartoons untuk meningkatkan pemahaman seks siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest one group design. Teknik analisis yang digunakan adalah uji komparasi dengan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman seks siswa sebelum dan setelah penggunaan buku ini. Penggunaan buku ini efektif untuk meningkatkan pemahaman seks siswa sekolah dasar..

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Pendidikan is a peer-reviewed journal to discuss and spread original and critical analysis on various contemporary educational issues. The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, and researchers. This journal ...