PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Hubungan Metode Diskusi Kelompok dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS

Riyan Mustafa (Unknown)
Syaiful M. (Unknown)
Yustina Sri Ekwandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2019

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between the use of group discussion methods and student learning outcomes in Historical Subjects at Semaka 1 Public High School, Tanggamus District. Type of this research is Quasi Experimental Design with a Posttest-Only Control Group Design. The population in this study is all students of Class XI IPS in SMA Negeri 1 Semaka, totaling 64 students. The sampling technique is a saturated sampling technique and analyzed by descriptive statistics. The results showed the use of effective group discussion methods to improve student learning outcomes with the average learning outcomes of students in the class that were not taught was 69.43 and entered into the medium category of 32 students, while the learning outcomes of students in the class were taught using the discussion method is 75.21 and entered into the high category.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan metode diskusi kelompok dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semaka Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semaka yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang tidak diajar adalah 69,43 dan masuk ke dalam kategori sedang dari 32 peserta didik, sedangkan hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode diskusi adalah 75,21 dan masuk ke dalam kategori tinggi.Kata kunci: diskusi kelompok, hasil belajar, hubungan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...