Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6, No 2 (2021)

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI JEPANG, FINLANDIA, CHINA DAN INDONESIA DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

Muslim, Abd. Qadir (UNIVERSITAS BRAWIJAYA)
Suci, I Gede Sedana (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
Pratama, Muhammad Rizki (UNIVERSITAS BRAWIJAYA)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pendidikan yang mendukung SDGs pendidikan berkualitas di beberapa negara dan juga untuk memberikan solusi bagi kebijakan pendidikan di Indonesia yang berkaitan dengan SDGs pendidikan berkualitas. Metode yang digunakan yaitu library research dengan mengambil referensi dari buku, website, dan jurnal internasional. Sustainable Development Goals atau yang biasa disingkat SDGs merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan yang dihasilkan dari KTT PBB pada tahun 2012. Salah satu dari 17 tujuan yang dihasilkan yaitu mengenai pendidikan berkualitas. Untuk mendukung pendidikan berkualitas di semua negara tentu diperlukan sebuah kebijakan pendidikan. Beberapa negara seperti Jepang, Finlandia, Cina, dan Indonesia telah menunjukan adanya kebijakan pendidikan yang diterbitkan untuk mendukung SDGs pendidikan berkualitas. Jepang membuktikan kebijakan yang mendukung SDGs dengan diberlakukannya pendidikan gratis dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi, lalu Jepang juga melakukan upaya untuk meningkatkan pendidikan kebutuhan khusus. Di Finlandia, SDGs telah menjadi salah satu dari tujuh topik yang ditekankan dalam kurikulum inti untuk pendidikan dasar. Kebijakan pendidikan di China adalah berupaya mengarahkan fungsi pendidikan menuju sumber daya masyarakat dan individu, dan menumbuhkan kualitas pendidikan kewarganegaraan. Di Indonesia kebijakannya untuk peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas pendidik dan sarana pendukung pendidikan, peningkatan layanan pendidikan, dan memperkuat dan mengembangkan pendidikan karakter.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AW

Publisher

Subject

Education

Description

Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. ...