JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di MAN 1 Merangin

Sri Muslimatul Husna (Universitas Jambi)
Lodiana Siahaan (Universitas Jambi)
Ulfah Saniyyah (Universitas Jambi)
Aldi Muhamat Kurniawan (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 di MAN 1 Merangin pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan secara online mulai tanggal 4 Februari sampai dengan 31 Maret 2021 pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang motivasi belajar fisika. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas XI IPA 1 dan 27 siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Merangin tahun pelajaran 2020/2021, sehingga total jumlah sampel sebanyak 54 responden, sedangkan populasinya adalah seluruh siswa MAN 1 Merangin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS 23, dengan melakukan uji–f atau uji one way ANOVA. Dari hasil uji–f atau uji one way ANOVA, maka diperoleh yaitu F hitung sebesar 0,803 sedangkan F tabel sebesar 4,03 sehingga diketahui F hitung < F tabel atau 0,803 < 4,03 maka H0 diterima, artinya tidak ada perbedaan rata–rata hasil motivasi belajar fisika kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Adapun nilai probabilitas atau signifikansi sebesar 0,374 > 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (H0) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan rata–rata hasil motivasi belajar fisika kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...