JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Aljabar

M. Ilham (STKIP Bima)
Syarifuddin Syarifuddin (STKIP Bima)
Dewi Silviana (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematika siswa SMP dalam menyelesaikan masalah operasi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Hu’u yang dianalisis jawabannya, yang terdiri dari 2 orang dengan 1 subjek kategori jawaban benar dan 1 subjek kategori jawaban salah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara berbasis tugas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Subjek dengan kategori jawaban benar dapat melaksanakan 4 tahap pemecahan masalah dengan sangat baik yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, memeriksa kembali. 2) Subjek dengan kategori jawaban salah sudah mampu memahami masalah dan membuat rencana, namun subjek kurang mampumelaksanakan pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...