JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Diagnostik Kelemahan Mahasiswa Teknik Menguasai Materi Fungsi Trasenden Menggunakan Program R

Munaji Munaji (Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon)
Suyitno Suyitno (Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelemahan-kelemahan mahasiswa teknik dalam menguasai materi fungsi trasenden. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa tes bentuk obyektif dengan empat pilihan jawaban. Teknik pengambilan sampel berupa teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 mahasiswa teknik elektro semester 2. Hasil analisis diagnostik menggunakan GDINA model program R menunjukkan bahwa kelemahan-kelemahan mahasiswa dalam menguasai materi fungsi tersenden yang paling dominan pada sub bab: (1) fungsi logaritma asli yaitu, mahasiswa belum menguasai penggunaan konsep logaritma asli dalam menyelesaikan masalah; (2) invers fungsi dan turunannya yaitu, mahasiswa belum menguasai bagaimana cara menentukan turunan dari invers fungsi dengan benar; (3) fungsi eksponen umum yaitu, mahasiswa belum menguasai bagaimana cara menentukan turunan dari fungsi eksponen asli dengan metode pendiferensialan implisit; (4) fungsi logaritma dan eksponen umum yaitu, mahasiswa belum menguasai bagaimana cara menggunakan sisfat-sifat fungsi eksponen umum dengan benar. Sub bab fungsi logaritma dan eksponen umum merupakan sub bab yang paling dominan belum dikuasai oleh mahasiswa dibandingkan dengan tiga sub bab lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...