Pendidikan karakter adalah sistem pendidikan suatu moral atau budi pekerti yang digunakan untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang baik kepada seseorang. Krisis moral dan hilangnya karakter- karakter dalam diri manusia adalah salah satu persoalan diantara persoalan- persoalan yang timbul dari kemajuan pengetahuan dan teknologi. Dari persoalan-persoalan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membhaas konsep Pendidikan karakter (Adab) anak menurut Ibn Jama’ah Al-Syafi’I dan Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Pendidikan karakter (adab) siswa menurut Imam Ibn Jama’ah dalam kitab Tadzkirah Al-Sami’ Wa Al-Mutakallim Fi Adab Al-‘Alim Wa Almuta’allim ada tiga unsur , yaitu adab siswa terhadap dirinya, adab siswa terhadap dirinya,dan adab siswa terhadap pelajaran. Sedangkan konsep pendidikan karakter (adab) menurut Al-Ghazali ada empat, yaitu al hikmah (kebijaksanaan), asy syaja’ah (keberanian), al iffah (penjagaan diri) dan al ‘adl (keadilan).
Copyrights © 2022