Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (Senastindo)
Vol 1 (2019): Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (Senastindo)

Pengaruh Penggunaan Komposit –Rami Sebagai Penyerap Gelombang Radar Pada Stealth Technology

Gayuh Pangestu Putri (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Semarang, 50275, Indonesia)
Eddy Triyono (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Semarang, 50275, Indonesia)
Budi Basuki S (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Semarang, 50275, Indonesia)
Abu Hasan (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Semarang, 50275, Indonesia)
Slamet Widodo (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Semarang, 50275, Indonesia)
Suhendro Suhendro (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Semarang, 50275, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2021

Abstract

Stealth technology (teknologi siluman) merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk menghilangkan jejak dari deteksi RADAR musuh dengan cara memperkecil RADAR Cross Section (RCS) pada target. Salah satu cara untuk memperkecil nilai RCS dapat menggunakan RADAR Absorber Material (RAM). maka dari itu munculah Inovasi membuat teknologi siluman dengan menggunakan material komposit ekonomis bersifat dielektrik berbahan rami dengan campuran bahan komposit serbuk Alumina (Al2O3) dan Resin Epoxy kemudian disebut dengan Komposit-Rami. Oleh karena itu, pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai reflection loss Komposit-Rami dalam menyerap gelombang RADAR. Pengujian dilakukan pada rentang frekuensi 2 sampai 12 GHz dikarekterisasi dengan Vector Network Analyzer (VNA) menggunakan S-Parameter (S11). Dari hasil penelitian Komposit-Rami dengan ketebalan 5mm paling efektif untuk digunakan sebagai RADAR Absorber Material (RAM) dengan penyerapan optimum pada frekuensi S-Band sebesar -15,158 dB, C-Band sebesar -16,398 dB dan X-Band sebesar -23,135 dB. sedangkan dari tiga band frekuensi tersebut, nilai reflection loss yang tertinggi dan optimum terdapat pada frekuensi X-Band dengan ketebalan 5mm yaitu sebesar -23,135 dB dengan Lebar pita penyerapan 1000 MHz dan memiliki persentase penyerapan sebanyak 93,1 %. Sehingga Komposit-Rami sangat efektif digunakan sebagai RAM pada frekuensi X-Band.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

senastindo

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Mechanical Engineering Other

Description

Semua inovasi yang berguna dan berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap inovasi nasional yang lebih bermutu dengan intisari tidak terbatas pada teknologi apapun, baik yang mengenai Databases System, Data Mining/Web Mining, Datawarehouse, Artificial Integelence, Business Integelence, ...