Jurnal Eurekamatika
Vol 7, No 1 (2019): Jurnal EurekaMatika

PENYELESAIAN MASALAH PENJADWALAN PERKULIAHAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS DI DEPARTEMEN PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)

Puspasari, Andini (Unknown)
Novianingsih, Khusnul (Unknown)
Agustina, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini berjudul Penyelesaian MasalahPenjadwalan Perkuliahan Menggunakan Algoritma Genetika (StudiKasus di Departemen Pendidikan Matematika FPMIPA UniversitasPendidikan Indonesia). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanyabeberapa masalah selama proses penjadwalan perkuliahan. Olehkarena itu diperlukan suatu metode yang tepat untuk memecahkanpermasalahan pada proses penjadwalan perkuliahan. Pada penelitianini Algoritma Genetika diterapkan untuk menyelesaikan masalahpenjadwalan perkuliahan di Departemen Pendidikan Matematika.Algoritma Genetika merupakan suatu algoritma pencarian yangmemanfaatkan analogi mekanisme seleksi alamiah dan mekanismekawin silang, mutasi, inversi, dan lain-lain yang ada pada genetika.Hasil implementasi menunjukkan, bahwa Algoritma Genetika telahberhasil diimplementasikan untuk menyelesaikan masalahpenjadwalan perkuliahan di Departemen Pendidikan Matematikadengan cepat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics

Description

Jurnal EurekaMatika (e-ISSN: 2528-4231, p-ISSN: 2776-480X) was first published annually on December 2013, and then since 2017 has been published twice a year, on May and November. JEM is a peer-reviewed Mathematics journal with its scope covers Algebra, Analysis, Statistics, and Applied Mathematics. ...