Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
VOL 4, NO 1 (2017): MARET

PENDIDIKAN NILAI MELALUI DIALEKTIKA ETIK DALAM KONSEP PSIKOANALISIS FREUD (PADA PEMBELAJARAN BAHASA ASING)

Ratna Juami (Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi 229, Bandung 40154, INDONESIA)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Penelitian ini mengkaji pendidikan nilai melalui pembelajaran bahasa asing (Bahasa Jerman) pada kelas X di SMA PGII I Bandung sebagai proyek Sekolah Mitra di pulau Jawa. Rekonstruksi nilai dilihat dalam konsep psikoanalisis Freud. Dialektika ethics memperlihatkan signifikansi koheren terhadap konstruksi asumsi peserta didik mengenai nilai dalam proses pembelajaran. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang diperoleh dari wawancara, kuisioner, dan pengamatan partisipan pada kelas X.1, X.3 dan kelas Intensif serta 3 orang alumni SMA PGII I Bandung, penelitian ini melihat dialektika ethics dalam merekonstruksi nilai, dan mengkajinya dalam konsep psikoanalisis Freud. Penelitian ini menemukan bahwa kedisiplinan dan konsistensi guru dalam proses pembelajaran menumbuhkan tanggung jawab peserta didik sebagai manifestasi ethics. Guru berhasil menciptakan nilai etik (norma) kelas, yang secara perlahan dan tanpa disadari peserta didik membentuk sensor moral (superego). Implementasi Pendidikan Nilai melalui pembelajaran bahasa asing terepresentasikan melalui konsep psikoanalisis Freud dalam ranah sensor moral (superego) peserta didik. Kedisiplinan seorang guru mampu merefleksikan tanggung jawab peserta didik yang mengimplementasikan pendidikan nilai dalam proses kegiatan pembelajaran bahasa asing (bahasa Jerman).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...