PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran melalui pemecahan masalah yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 1 Kediri Kabupaten Lombok Barat pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel). Subjek dari penelitian ini yaitu 26 siswa kelas VIII-E SMPN 1 Kediri Kabupaten Lombok Barat. Tahap-tahap pembelajaran yang dilaksanakan adalah, tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Pada tahap awal, peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran, mengaitkan pengetahuan awal dengan materi pembelajaran, mereview pengetahuan awal siswa, dan membentuk kelompok belajar. Pada tahap inti, peneliti menyajikan masalah dalam bentuk LKS (Lembar Kerja Siswa) kepada setiap kelompok, membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah, meminta kelompok untuk menyajikan hasil pekerjaannya terhadap masalah, serta menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah. Pada tahap akhir, peneliti membantu siswa untuk membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dipelajari. Dampak dari penerapan pembelajaran melalui pemecahan masalah menunjukkan bahwa pada siklus I, 57,69% dari 26 siswa dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus II, 80,76% dari 26 siswa dinyatakan tuntas. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi SPLDV sebesar 23,07%.Kata kunci: pembelajaran melalui pemecahan masalah, hasil belajar, spldv
Copyrights © 2014