Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
VOL 6, NO 2 (2019): JULI

SIKAP RESPONSIF GURU TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Ghyna Amanda Putri (Kinderland Preschool Bandung)
Vina Adriany (Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Euis Kurniati (Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

Pendidikan multikultural dianggap sebagai salah satu cara untuk menangani pengaruh dari isu negatif keberagaman, terutama pada anak usia dini. Karena itu, sikap responsif guru tentu saja memiliki peran yang penting untuk menyelenggarakan pendidikan multikultural yang sesuai dengan keberagaman anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sikap responsif guru Taman Kanak-kanak (TK) terhadap pendidikan multikultural yang dilakukannya. Dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik wawancara, data dari tiga orang guru TK berlatar belakang sekolah berbeda dikumpulkan. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa guru merespon keberagaman melalui nilai-nilai agama yang dipercayanya. Walau begitu, hal tersebut bertolak belakang dengan konsep pendidikan multikultural karena guru menganggap bahwa menyamakan identitas anak adalah hal yang baik. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...