Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 3, No 02 (2020)

Instabranding Kepribadian di Lima Brand UKM Kuliner

Heidy Arviani (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur Jl. Rungkut Madya, Surabaya 60294 - Indonesia)
Yuli Candrasari (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur Jl. Rungkut Madya, Surabaya 60294 - Indonesia)
Olivia Nibtia Rahmadillah (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur Jl. Rungkut Madya, Surabaya 60294 - Indonesia)
Aditya Ilham Priambodo (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur Jl. Rungkut Madya, Surabaya 60294 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2020

Abstract

Instagram adalah platform media sosial yang berkembang, menyediakan sarana ekspresi diri dan komunikasi melalui visual yang kreatif. Bisnis menanggapi tren ini dengan menggunakannya sebagai alat pemasaran yang hemat biaya. Paper ini meneliti akun merek makanan dalam level Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia pada sektor makanan dan minuman yang terkemuka di Instagram: @bittersweet_by_najla, @basoaciakang, @seblakasgar_official, @pentolgila, @jagungnyumi. Akun tersebut dipilih berdasarkan followers yang telah mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu dan cukup populer di masyarakat. Studi ini bertujuan untuk mengetahui jenis elemen foto apa yang digunakan merek UKM makanan terkemuka di instagram sebagai pemasaran dan taktik komunikasi? Kemudian kepribadian merek seperti apa yang digambarkan oleh foto yang diposting tersebut? Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Terdapat 50 sampel foto untuk masing-masing merek yang kemudian diklasifikasikan menurut 11 elemen: produk, orang dan produk, orang dan produk, humor dan produk, peristiwa dunia, resep, kampanye tanpa produk, buatan pengguna, regram dari selebriti, dan video. Temuan penelitian adalah: mereka menggunakan instagram untuk mempromosikan keunggulan dan menjual produk. Tidak semua dari 11 elemen dimunculkan. Hanya sekitar lima elemen yang tampil secara dominan antara lain: video yang interaktif, produk dan promo, humor, consumer generated, person dan product. Kesemuanya untuk membangun dan mengekspresikan karakter kepribadian masing-masing merek.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...