Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 5 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Sonny Andika Yudi Pratama (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Saifuddin Zuhri (Universitas PGRI Semarang)
Farida Nursyahidah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah kontekstual matematika pada materi trigonometri ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pati tahun 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 9 yaitu 1 siswa dengan motivasi belajar tinggi, 1 siswa dengan motivasi belajar sedang, dan 1 siswa dengan motivasi belajar rendah. Untuk dapat mengetahui profil berpikir kritis siswa maka dilakukan dengan memberikan tes tertulis pemecahan masalah matematika trigonometri dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa  siswa dengan tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah memiliki semua kriteria kemampuan berpikir kritis (clarification, assessment, inference, dan strategies) . Namun profil berpikir kritis antara siswa dengan tingkat motivasi tinggi, sedang, dan rendah berbeda.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...