Tujuan penalitian melihat efektif Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Etnomatematika Pada Mata Kuliah Kondep Dasar Matematika SD di STKIP Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek coba penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yakni kelas pagi (kelas A dan kelas B) prodi PGSD STKIP Sigkawang. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui analisis kuantitatif. Uji statistik menggunakan uji t, uji z dan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM berbasis etnomatematika menunjukan : (1) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa setelah diterapkan LKM berbasis mencapai ketuntasan secara individual, (2) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa setelah diterapkan LKM berbasis mencapai ketuntasan secara klasikal, dan (3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa yang diterapkan LKM berbasis etnomatematika, simpulan kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa mencapai ketuntasan individual dan klasikal, serta adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika setelah diterapkan LKM Berbasis etnimatematika.
Copyrights © 2020