Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui persepsimahasiswa terkait kendala selama pembelajaran daring yang berkaitan dengan isolasidigital. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datadilakukan dengan kuesioner semi terbuka, dan wawancara. Informan dalam penelitian iniadalah mahasiswa pendidikan biologi Universitas Borneo Tarakan. Berdasarkan hasilpengelompokan permasalahan pembelajaran daring dibagi menjadi 4 masalah yangterkait isolasi digital: kompleksitas perkuliahan yang susah dikemas dalam pembelajarandaring, platform yang tidak familiar, jaringan internet, dan permasalahan gawai. Hasilyang didapatkan sebanyak 75,7% informan menjawab bukan permasalahan teknis yangmenyebabkan pembelajaran daring menjadi hal yang merugikan. Namun, kompleksitasmatakuliah yang tidak bisa dikemas dalam pembelajaran daring merupakan penyebabutama. Hal ini terjadi dari sisi dosen yang kurang maksimal dalam mengelola kontendalam sebuah media digital atau keterbatasan jam perkuliahan.
Copyrights © 2022