Issues in Mathematics Education (IMED)
Vol 2, No 1 (2018): Maret

Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

Sitti Hajar (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
B. Bernard (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Nurwati Djam'an (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 8 Makassar yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif FI dan 2 siswa dengan gaya kognitif FD. Instrumen pada penelitian ini adalah tes GEFT, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis data hasil tes tertulis pemecahan masalah dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada tahap memahami masalah, subjek FI tidak menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan, sedangkan subjek FD menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan; (2) pada tahap membuat rencana pemecahan masalah, subjek FI menuliskan rumus atau menyusun suatu persamaan yang akan digunakan dalam pengerjaan, sedangakan subjek FD menyusun lebih dari satu rencana pemecahan masalah atau menyelesaikan masalah yang diberikan dengan berbagai cara. Selain itu, subjek FD cenderung langsung membuat pemisalan; (3) pada tahap menjalankan rencana pemecahan, subjek FI  memasukkan data-data pada rumus yang telah dipilih di tahap perencanaan atau menggunakan cara subtitusi-eliminasi dan menyelesaikannya dengan operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) sehingga diperoleh penyelesaian dari masalah tersebut, sedangkan subjek FD memasukan data atau nilai yang tidak berasal dari soal ke dalam rumus yang telah dipilih di tahap perencanaan; (4) pada tahap memeriksa kembali, subjek FI tidak memeriksa kembali jawaban sebelum mengumpulkan lembar jawabannya, sedangkan subjek FD memeriksa kembali jawaban sebelum mengumpulkan lembar jawabannya.Kata Kunci: Karakteristik, Pemecahan Masalah  Matematika dan Gaya KognitifAbstract. This research is a qualitative research with descriptive approach that aims to describe the characteristics of problem solving mathematics in terms of student cognitive style. The subjects of the study were students of class XI MIPA SMAN 8 Makassar consisting of 2 students with FI cognitive style and 2 students with cognitive style FD. instruments in this study are GEFT test, problem-solving test and interview guidance. Data collection is done through data analysis of written test of problem solving and interview.The results showed that: (1) at the stage of understanding the problem, the subject of the FI did not write down the known and the thing asked, while the subject of the FD wrote down the known and the question asked; (2) at the stage of making a problem-solving plan, the subject of the FI writes the formula or constructs an equation to be used in progress, while the subject of the FD compiles more than one problem-solving plan or solves the problem in various ways. In addition, the subject of FD tends to directly create an interface; (3) at the stage of carrying out the split plan, the subject of the FI includes data on the formula chosen in the planning stage or using the substitution-elimination method and completes it by algebraic operations (sum, subtraction, multiplication and division) to obtain a settlement of the problem, whereas the subject of FD includes data or values that are not derived from the problem into the formula chosen in the planning stage; (4) at the re-examining stage, the FI subject does not review the answer before collecting the answer sheets, while the FD subject re-examines the answer before collecting the answer sheets.Keywords: Characteristics, Mathematical Problem Solving and Cognitive Style

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imed

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...