Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1, No 2 (2016): EDUSCIENCE: Jurnal Ilmu Pendidikan

ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: ANALISIS BUKU TEKS PAI UNTUK SEKOLAH DASAR

Rosyid, Ainur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2016

Abstract

AbstractThis study grounded on the reality that many students do cheating during exams, and fighting among students. This is a descriptive qualitative research, with content analysis approach. The research aimed to examine the aspect of character education taught in Islamic Religion subject for elementary school. The book analyzed is electronic books published or posted on Department of National Education. The books have been chosen based on the best review by users. The research results that the most dominant aspect of character education in Islamic Religion subject for elementary school is religious aspect by 73%. The aspect of creativity is not taught in the subject.Keywords: character education, Islamic religion subject AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa banyak pelajar melakukan kecurangan dengan mencontek saat ulangan, serta maraknya perkelahian antar pelajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek pendidikan karakter yang diajarkan dalam materi pelajaran PAI untuk sekolah dasar. Adapun buku yang dianalisis adalah buku PAI elektronik yang dipublikasikan oleh Kemendiknas. Buku yang dipilih adalah buku yang mendapat review paling baik dari pengguna buku elektronik sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aspek religius menjadi aspek paling dominan yang diajarkan dalam materi pelajaran PAI untuk sekolah dasar dengan 73%. Sedangkan aspek kreatif adalah aspek yang tidak diajarkan dalam materi pelajaran PAI di sekolah dasar.Kata kunci: pendidikan karakter, materi pelajaran PAI untuk SD

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EDU

Publisher

Subject

Education

Description

Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan merupakan kumpulan artikel-artikel ilmiah baik penelitian maupun non penelitian mengenai ilmu kependidikan pada umumnya. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Selain menerbitkan artikel-artikel yang ditulis oleh dosen ...