JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi
Vol 5 No 2 (2021): JAS-PT Edisi DESEMBER 2021

Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19

Sri Meike Jusup (Universitas Ichsan Gorontalo)
Pemy Christiaan (Universitas Ichsan Gorontalo)
Syamsul Syamsul (Universitas Ichsan Gorontalo)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Pencegahan peneyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan mengharuskan perguruan tinggi menerapkan sistem pembelajaran secara daring. Hal ini telah dipertegas dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020. Universitas Ichsan Gorontalo sebagai perguruan tinggi swasta di tuntut untuk melakukan pembelajaran daring yang semula dilakukan dengan tatap muka. Pelaksanaan pembelajaran daring di Universitas Ichsan Gorontalo sangat didukung dari ketersediaan sarana dan prasarana. Akan tetapi, yang jadi permasalahan adalah mahasiswa yang akan mengikuti pembelajaran daring, dikarenakan mahasiswa tinggal didaerah yang berbedabeda dan memiliki kemampuan ekonomi yang berbeda pula. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis bagaimana persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring, (2) menganalisis kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran daring, (3) menganalisis bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembalajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 sebanyak 82% mengatakan puas dan 18% yang kurang dan tidak puas. adapun kendala yang dihadapi oleh mahasiswa adalah aksesibiltas, kesulitas mengikuti pembelajaran dan memperoleh materi, interaktivitas, akurasi perkuliahan, format pembelajaran. Tingakt kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring sebagaimana dari hasil metode Customer Satisfaction Index (CSI) berada pada kriteria Puas dengan nilai 0.81 atau 81%. Kata Kunci: kepuasan mahasiswa; pembelajaran daring; covid19; universitas ichasn gorontalo

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jaspt

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia yang mempublikasikan artikel berbasis penelitian (lapangan, kepustakaan, eksperimen) mencakup aspek-aspek manajemen dan kebijakan pendidikan tinggi di ...