Jurnal Geosains dan Teknologi
Vol 4, No 3 (2021): November 2021

Nanofosil Gampingan Formasi Ofu Berumur Neogen Di Pulau Rote

Angga Jati Widiatama (Institut Teknologi Sumatera)
Lauti Dwita Santy (Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM)
Rikza Nur Faqih An Nahar (Program Studi Teknik Geologi, Jurusan Teknologi, Produksi, dan Industri, Institut Teknologi Sumatera)
Adrianus Damanik (Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung)
Winda Eka Mandiri Putri (Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung)
Zulfiah Zulfiah (Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Formasi Ofu merupakan bagian paling muda dari sikuen Kolbano yang litologinya didominasi batugamping pelagik. Belum adanya penelitian tentang diversitas dan zonasi umur nanofosil gampingan menjadikan riset ini penting dilakukan. Riset ini berhasil mengidentifikasi tujuh famili dan 19 spesies nanofosil gampingan. Nanofosil gampingan didominasi genus Discoaster, Dictyococcites, dan Reticulofenestra yang dapat dibagi menjadi tiga zonasi, dan satu zona transisi Pliosen-Pleistosen. Permulaan Miosen, Burdigalian-Tortonian (zona NN 2-NN 10) ditandai pemunculan awal Helicosphaera kamptnerihingga pemunculan awal Discoaster quinqueramus. Zona NN11 yang berumur Tortonian-Messinian ditandai pemunculan awal hingga pemunculan akhir Discoaster quinqueramus. Zona NN12-NN15 (Messinian-Zanclean) ditandai pemunculan awal hingga pemunculan akhir Discoaster pansus. Transisi Pliosen-Pleistosen (NN 16-NN 21) ditandai dengan pemunculan akhir dari Discoaster pansus hingga pemunculan akhir Dictyococcites productus dan Helicosphaera princei. Tingginya diversitas nanofosil mengindikasikan kondisi upwelling. Melimpahnya genus Helicosphaera serta genus Calcidiscus merupakan indikasi daerah upwelling yang dipengaruhi oleh pertemuan arus hangat dan arus dingin.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jgt

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Energy Engineering Environmental Science

Description

Jurnal Geosains dan Teknologi (JGT) merupakan terbitan berkala yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Geologi Universitas Diponegoro. JGT menyediakan ruang publikasi untuk karya ilmiah di bidang ilmu kebumian dan terapan ...