Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 7, No 4 (2021)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Lelah, Lelah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Pendidikan Agama Islam di SMP adalah membekali siswa kemampuan berbagai cara mengetahui dan suatu cara mengerjakan yang dapat membantu siswa untuk memahami alam beserta isinya secara mendalam, serta untuk terbentuknya peserta didik yang beriman dan bertaqwa dan berbudi pekerti yang luhur. Pendidikan agama Islam dapat berhasil dengan baik, apabila guru telah mampu menjadikan siswanya memahami konsep-konsep agama yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Namun beberapa studi menunjukkan hasil belajar siswa pada pendidikan Agama Islam masih rendah. Kondisi yang sama juga terjadi pada siswa Kelas VIIIA SMPN 2 Banjaran Kabupaten Majalengka. Solusi yang dilakukan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan menerapkan model Card Sort. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan model Card Sort. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan observasi. Subyek penelitian adalah siswa Kelas VIIIA SMPN 2 Banjaran Kabupaten Majalengka pada tahun pelajaran 2019/2020. Hasil Penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar belajar pada setiap siklus meningkat. Dari hasil tersebut maka disimpulkan bahwa metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VIIIA SMPN 2 Banjaran Kabupaten Majalengka pada tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...