Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 7, No 4 (2021)

Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik

Sholehudin, Sholehudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Namun dari hasil pengamatan di MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, kompetensi profesional guru masih rendah. Hal ini terlihat dari banyak guru yang  kurang terampil dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran yang baik. Atas dasar tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan kompetensi profesional guru MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dengan menerapkan supervisi akademis kepala sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan di MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya  Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian  dilaksanakan  dalam dua siklus, dengan mengambil langkah prosedural setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Hasil penelitian tindakan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi profesional guru MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...