Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Namun dari hasil pengamatan di MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, kompetensi profesional guru masih rendah. Hal ini terlihat dari banyak guru yang kurang terampil dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran yang baik. Atas dasar tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan kompetensi profesional guru MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dengan menerapkan supervisi akademis kepala sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan di MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan mengambil langkah prosedural setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Hasil penelitian tindakan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi profesional guru MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.
Copyrights © 2021