Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan

ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DI PONDOK PESANTREN (Studi Kasus Siswa Kelas X MAS Darul Ikhlas Abdul Manap Siregar)

Muhammad Adika Nugraha (Unknown)
Abdi Tanjung (Unknown)
Heri Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat struktur pembelajaran sejarah secara totalitas dari awal perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah di Pondok Pesantren Haji Abdul Manap Siregar siswa kelas X IPS dalam perencanaan pembelajaran sejarah tergambar bahwa guru membuat suatu perencanaan pembelajaran bertumpu pada kurikulum nasional dan kemudian mengimprovisasinya dengan nilai-nilai agama, kemudian pelaksanaan pembelajaran guru memberikan metode yang menarik dengan membentuk kelompok kerja serta memberikan media gambar seperti peta yang relevan digunakan dan evaluasi pembelajaran sejarah dilakukan secara rutin dengan merujuk pada hasil belajar siswa sebagai dasar perbaikan pembelajaran berikutnya. Kata-kata kunci : Pembelajaran, Sejarah, Pesantren

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...