Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 2 (2021)

EFEKTIVITAS PENERAPAN KOLABORASI PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DAN PENDEKATAN WHOLE LANGUANGE TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS NEGOSIASI KELAS X DI SMK UNITOMO SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Aditya Fitri Salsabila (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)
Sri Utami (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)
Budi Martono (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Pada proses pembelajaran dibutuhkan pendekatan yang tepat untuk mengasah kemampuan anak dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Pengkolaborasian dari pendekatan SAVI dan Whole Language ini dapat mengasah kemampuan anak mulai dari indera yang dapat menggunakan gerak tubuh dalam belajar, mendengarkan, melihat, dan mempraktikan, serta menyalurkan pemikirannya melalui mulut dengan berbahasa yang baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelas untuk membandingkan hasil akhir. Terdapat kelas eksperimen (kelas A penggabungan pendekatan SAVI dan Whole Language) dan kelas kontrol (kelas B metode ceramah). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan penerapan dari pengabungan pendekatan SAVIĀ  dan pendekatan Whole Languange terhadap hasil belajar dari siswa yang mengikuti proses pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya di kelas X pada materi teks negosiasi. Hasil data analsis menggunakan SPSS, pada konsep SPSS Jika nilai dari sig. (2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas A (Eksperimen) dan kelas B (Kontrol). Setelah diteliti pada data SPSS hasil nilai dari sig. (2-tailed) < 0,014 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dari kelas eksperimen yang diberikan pendekatan SAVI dan Whole Language dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Artinya kelas eeksperimen memiliki hasil belajar yang signifikan.

Copyrights © 2021