JURNAL ILMIAH MAHASISWA AGROINFO GALUH
Vol 9, No 1 (2022): Januari 2022

Saluran Dan Marjin Pemasaran Belimbing Madu (Averrhoa Carambola L)

Lia Kirana (Fakultas Pertanian Universitas Galuh)
Trisna Insan noor (Unknown)
Tiktiek Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Besarnya marjin,  biaya, dan keuntungan pemasaran belimbing madu di Desa Waringinsari, 2. Saluran pemasaran belimbing madu di Desa Waringinsari, 3. Bagian yang diterima petani (Farmer’s Share). Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel petani responden ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukan bahwa :  1. Besarnya marjin pemasaran pada saluran pemasaran 1 sebesar Rp. 3.000,- per kilogram dan pada saluran pemasaran 2 sebesar Rp. 3.800,- per kilogram. Biaya pemasaran pada saluran 1 sebesar Rp. 1.450,- per kilogram dan pada saluran pemasaran 2 sebesar Rp. 1.750,- per kilogram. Keuntungan yang diperoleh pada  saluran pemasaran 1 sebesar Rp. 1.550,- per kilogram dan pada saluran 2 sebesar Rp. 2.050,- per kilogram. 2. Terdapat 2 saluran pemasaran belimbing madu diDesa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar dan melibatkan 3 lembaga pemasaran (3) Farmer’s Share pada saluran pemasaran 1 sebesar 81,25% dan pada saluran pemasaran 2 sebesar  76,25%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agroinfogaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH merupakan jurnal ilmiah berkala yang memuat hasil penelitian dari mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas ...