Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 1 No. 1 (2021): EduTIK : Februari 2021

HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Michelle Margaretha Putrikirana Sondey (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Olivia Eunike Selvie Liando (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Verry Ronny Palilingan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X SMK Negeri 2 Tondano. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Tondano sebanyak 203 siswa, sampel yang diperoleh sebanyak 40 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Pengumpulan data untuk pemanfaatan internet menggunakan angket, sedangkan untuk hasil belajar diambil dari nilai raport siswa disekolah. Penelitian berikut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X di SMK Negeri 2 Tondano dengan koefisien korelasi sebesar 0,787 artinya korelasi diantara variabel X dan variabel Y adalah korelasi yang kuat. Selanjutnya hasil dari perhitungan koefisien determinasi sebesar r2 = 0,619 yang berarti variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 61,9%. Pada Hasil belajar simulasi dan komunikasi digital 100% siswa kelas X SMK Negeri 2 Tondano yang menjadi responden juga dikategorikan tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ada.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...