JIMEBIS
Vol 1 No 1 (2020)

PENGARUH PERILAKU MAHASISWA TERHADAP FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN BELANJA GADGET DALAM PERSPEKTIF KONSUMSI ISLAMI (Studi Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Firjatullah F (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Muhammad Zulhilmi (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Rina Desiana (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Keputusan belanja adalah beberapa tahapan yang dilakukan oleh konsumen sebelum melakukan keputusan belanja suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kualitas produk, dan harga terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget dalam perspektif konsumsi Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian cross sectional study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget pada sebesar 0,302. Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget sebesar 0,366. Harga berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget sebesar 0,342. Maka secara simultan gaya hidup, kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan serta positif terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIMEBIS

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JIMEBIS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam is a Scientific Journal of Islamic Economics and Business dedicated for students’ article co-authored with lecturers. The articles published in this journal is based on scientific research done during the study and discuss Islamic economics ...