cover
Contact Name
Akmal Riza
Contact Email
akmalriza@ar-raniry.ac.id
Phone
+6285260050048
Journal Mail Official
jimebis@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
​Editorial Office : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2nd Floor Jln. Syech Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JIMEBIS
ISSN : 2746489X     EISSN : 27745864     DOI : -
JIMEBIS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam is a Scientific Journal of Islamic Economics and Business dedicated for students’ article co-authored with lecturers. The articles published in this journal is based on scientific research done during the study and discuss Islamic economics and business issues including Islamic banking and finance, fintech, and Islamic philanthropy. JIMEBIS will be published periodically for 6 (six) months on May and September each year.
Articles 25 Documents
ANALISIS EFEKTIFITAS DANA DESA TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR PERIODE 2015-2019 Wulandari, Sri; Hafidhah, Hafidhah; Kobat, Yahya
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1389.696 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i1.103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dana desa serta bagaimana pengaruh terhadappeningkatan kesejahteraan masyarakat dan ditinjau dari segi konsep ekonomi Islam yang ada di KecamatanSukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, danpendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), serta tujuan dan arahpenelitian adalah deskriptif. Data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder, data primer diperolehdengan penyebaran kuesioner sedangkan data sekunder diperoleh dari Geucik 12 desa di KecamatanSukamakmur Kabupaten Aceh Besar yang dijadikan sampel penelitian selama periode lima tahun yaitu2015-2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan dana desa telah berjalan efektif diKecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar dengan nilai mencapai 100 persen dan memberikanpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat jika ditinjau dari beberapa sisi diantaranya: tingkatpendapatan masyarakat dan proses pembangunan masyarakat, dari segi konsep ekonomi Islam jugaberpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan konsep dari Imam Al-Ghazali yaituagama (ad-dien), hidup atau jiwa (nafs), keluarga atau keturunan (nasl), harta atau kekayaan (maal), dan akal(aql), kunci dari pemeliharaan tujuan dasar tersebut diperoleh dari tingkatan pertama yaitu kebutuhanterhadap pakaian, makanan, dan tempat tinggal yang artinya dengan adanya peningkatan pendapatanmasyarakat dapat memenuhi kebutuhan nya serta dapat memelihara tujuan dasar kesejahteraan masyarakatdalam konsep Islam.
PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DAN KEMISKINAN TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI PROVINSI ACEH Garnella, Riska; A. Wahid, Nazaruddin; Yulindawati, Yulindawati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (914.2 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i1.104

Abstract

Masalah tingkat pengangguran terbuka merupakan masalah yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan, antara lain kemiskinan, pendidikan, pertumbuhan ekonomi, Upah, dan indeks pembangunan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia dan kemiskinan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Aceh tahun 2011- 2018. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dengan cross section 10 kabupaten/kota di Provinsi Aceh dan time series selama 8 tahun. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data panel dengan fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Aceh. Dan kemiskinan berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Aceh.
PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, FINANCING TO DEPOSIT RATIO DAN OPERATIONAL EFFICIENCY RATIO TERHADAP KINERJA KEUANGAN (BUKTI EMPIRIS DARI BNI SYARIAH PERIODE 2010-2019) Fadhil, Fadhil; Riza, Akmal
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (934.115 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i1.107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR, OER dan FDR terhadap ROA pada BNI Syariah periode 2010-2019, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan populasi sasaran laporan triwulan pada PT. Bank BNI Syariah selama 10 tahun. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa, secara simultan semua variabel independen yang terdiri dari CAR, FDR dan OER berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu ROA. Sedangkan secara parsial variabel CAR berpengaruh negatif terhadap ROA, FDR berpengaruh negatif terhadap ROA dan OER berpengaruh negatif terhadap ROA.
ANALISIS PENERAPAN NILAI-NILAI SYARIAH DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH ( STUDI PADA PT. BANK ACEH SYARIAH KCP DARUSSALAM) Utari, Wiwin; Inayatillah, Inayatillah; Ismuadi, Ismuadi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1089.421 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i1.108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan nilai-nilai syariah dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah (studi pada PT. Bank Aceh Syariah KCP Darussalam). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel penerapan nilai-nilai syariah tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara simultan penerapan nilai-nilai syariah dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai syariah dan kualitas layanan secara bersama-sama saling berhubungan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah pada PT. Bank Aceh Syariah KCP Darussalam.
ANALISIS PERSEPSI PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP PRODUK TABUNGAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN ACEH SELATAN) Cahyani, Aprilla; Ayumiati, Ayumiati; Tarigan, Ismail Rasyid Ridla
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (972.674 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i1.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pegawai negeri sipil di kantor Kementerian Agama kabupaten Aceh Selatan terhadap produk tabungan bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan model snowball sampling. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan tahap reduksi data. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebagianbesar PNS hanya sekedar menggunakan produk tabungan bank syariah untuk rekening penerimaan gaji dan belum memahami dan mengetahui produk tabungan syariah yang mereka gunakan. Namun, mereka merasa tentram menabung di bank syariah karena dirasa telah terlepas dari riba.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BESARAN PREMI TERHADAP KEPUASAN MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH CABANG BANDA ACEH Rouzaton, Noura; Furqani, Hafas; Dianah, Azimah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.628 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i1.113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baik parsial maupun simultan pengaruh kualitas pelayanan dan besaran premi terhadap kepuasan menjadi nasabah asuransi jiwa PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 73 orang nasabah. Data yang dipakai adalah data primer dalam bentuk kuesioner dan data sekunder yaitu data-data berupa dari literatur-literatur kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil pengujian uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan besaran premi berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan menjadi nasabah asuransi jiwa PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan besaran premi berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan menjadi nasabah asuransi jiwa PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh.
PENGARUH PERILAKU MAHASISWA TERHADAP FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN BELANJA GADGET DALAM PERSPEKTIF KONSUMSI ISLAMI (Studi Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh) Firjatullah, Firjatullah; Zulhilmi, Muhammad; Desiana, Rina
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1154.199 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i1.114

Abstract

Keputusan belanja adalah beberapa tahapan yang dilakukan oleh konsumen sebelum melakukan keputusan belanja suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kualitas produk, dan harga terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget dalam perspektif konsumsi Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian cross sectional study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget pada sebesar 0,302. Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget sebesar 0,366. Harga berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget sebesar 0,342. Maka secara simultan gaya hidup, kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan serta positif terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget.
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KONSUMEN TOKO RATU TEXTILE BANDA ACEH) Kinanti, Mutiara; Hafidhah, Hafidhah; Rina, Aida
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.794 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.127

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan di toko Ratu Textile pada konsumen yang pernah melakukan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Konsumen Toko Ratu Textile Banda Aceh”. Variabel yang diambil pada penelitian ini adalah periklanan, promosi penjualan dan penjualan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 125 responden yaitu seluruh pelanggan toko Ratu Textile di Banda Aceh. Data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 56,228 > 2,68. Periklanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung < Ttabel 1,902 < 1,979. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung > Ttabel 3,098 > 1,979. Penjualan pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung > Ttabel 6,307 > 1,979.
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH BNI SYARIAH BANDA ACEH Dwi Fahira, Husna; Furqani, Hafas; Evriyenni, Evriyenni
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.898 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.128

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas nasabah. Objek penelitian ini dilakukan pada nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh, sedangkan yang menjadi responden penelitian adalah nasabah BNIS dengan jumlah 50 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer yaitu kuesioner dan sumber data sekunder yaitu artikel-artikel terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, metode analisis data menggunakan model regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Relationship Management dengan menggunakan indikator continuity marketing, one to one marketing, dan partnering programme berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank BNI Syariah KC Banda Aceh.
PENGARUH INFLASI, BOPO DAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA Haramain, Imam; Fadrizha Nanda, Teuku Syifa; Ismuadi, Ismuadi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.295 KB) | DOI: 10.22373/jimebis.v1i2.130

Abstract

Abstrak Profitabilitas merupakan indikator yang paling tepat untuk mengukur kinerja suatu bank. Profitabilitas yang baik dibutuhkan Bank Syariah guna keberlangsungan bisnisnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh inflasi, BOPO dan pembiayaan mudharabah terhadap Return On Aset (ROA) pada Bank Syariah di Indonesia periode 2015-2019. Data di peroleh dari publikasi data inflasi oleh Bank Indonesia melalui website BI dan laporan Statistik Perbankan Syariah melalui website OJK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan variabel yang digunakan Inflasi, BOPO, Pembiayaan Mudharabah dan Profitabilitas (ROA). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program spss versi 25. Hasil penelitian secara parsial dengan uji-t menunjukkan bahwa variabel inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sedangkan BOPO dan Pembiayaan Mudharabah berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan dengan uji-f menunjukkan bahwa variabel inflasi, BOPO dan Pembiayaan Mudharabah berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA).

Page 1 of 3 | Total Record : 25