Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 9, No 2 (2021): November

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN EDUKASI DAN INTERAKTIF PADA MATAKULIAH AKUNTANSI KEUANGAN

Edi Tohidi (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer IKM Cirebon)
Ahmad Faqih (Unknown)
Riri Narasati (STMIK IKMI Cirebon)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Matakuliah akuntansi keuangan dianggap oleh sebagian besar mahasiswa program studi komputerisasi akuntansi sebagai matakuliah yang membosankan dan sulit. Apalagi proses pembelajarannya masih menggunakan media ppt saja. Hal ini jelas semakin menyudutkan matakuliah akuntansi keuangan. Oleh karena itu, perlu adanya pembaharuan media pembelajaran yang up to date. Media pembelajaran berbasis permainan edukasi dan interaktif dirasa dapat mengatasi kendala pada pembelajaran akuntansi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan edukasi dan interaktif pada matakuliah akuntansi keuangan dengan pendekatan four D model yang dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah penyederhanaan model dari empat tahap menjadi tiga tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan.. Media pembelajaran berbasis permainan edukasi dan interaktif, desainnya merujuk pada permasalahan serta kendala yang diperoleh dari hasil pendefinisian. Deskripsi hasil validasi pada tahap pengembangan, menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli media dalam kategori valid dan validasi ahli materi dalam kategori valid.Most students of computerized accounting courses consider financial accounting courses as tedious and challenging courses. Moreover, the learning process still uses ppt media only. This is increasingly cornering the study of financial accounting. Therefore, it is necessary to update learning media that is up to date. Learning media based on educational and interactive games is considered to overcome obstacles in learning financial accounting. This study develops academic and interactive game-based learning media in financial accounting courses with a modified four D model approach. The modification made simplifies the model from four stages into three stages, namely defining, designing, and developing. Learning media based on educational and interactive games, the design refers to the problems and constraints obtained from the definition results. The description of the validation results at the development stage shows that the validation results from media experts are in the correct category and material expert validation is in the correct category.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...