Pembelajaran biologi pada materi yang memuat konsep abstrak dengan tuntutan kompetensi tinggi yang membutuhkan proses sains/pengalaman langsung seperti praktikum untuk menkonkretkan dan memenuhinya kurang optimal terpenuhi akibat keterbatasan ruang, waktu, aktivitas, daya indera, maupun fasilitas, terlebih saat ini tengah terjadi penyesuaian pembelajaran akibat Pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Media Pembelajaran Interaktif yaitu Virtual Laboratory berformat .Apk yang dapat berjalan pada Smartphone Android yang valid, praktis, dan efektif menunjang pembelajaran Biologi materi Sistem pencernaan Makanan kelas XI MIPA di SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D) model 4D Thiagarajan kombinasi Model Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo. Melalui tahapan penelitian dihasilkan .Apk berukuran 13 Mb berisi halaman Intro, Home, Petunjuk, Pengembang, KD/Tujuan, Materi, Praktikum, dan Latihan. Berdasarkan analisa Data Hasil Uji Coba kepada Ahli dan Pengguna, Aplikasi dinyatakan Valid, Praktis, dan Efektif digunakan Guru Biologi dan Siswa kelas XI MIPA dalam menunjang pembelajaran Biologi materi Sistem pencernaan Makanan. Dengan Nilai Validitas 0,85 dalam kriteria Valid, Praktikalitas 0,94 dalam kriteria Sangat Praktis, Nilai Efektifitas 94,46 dalam kriteria Sangat Efektif.
Copyrights © 2021