JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 4 (2021): Vol.9 No.4 2021

INVESTIGASI PERSEPSI MAHASISWA FKH UNDANA TERHADAP PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID 19

Dede Rival Novian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan (daring) telah dipilih untuk diterapkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, ini juga berlaku untuk mahasiswa di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana (FKH Undana). Pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 merupakan sebuah inovasi teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar, dengan adanya kuliah daring mahasiswa dan dosen tidak bertatap muka secara langsung sehingga tidak menyebarkan virus Covid-19. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa terhadap interaksi yang dilakukan oleh dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan mahasiswa selama pembelajaran daring dari rentang waktu bulan Maret 2020 sampai saat ini tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survei online menggunakan google forms. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring tidak baik sekali. Mayoritas mahasiswa mengalami kesulitan berinteraksi dengan dosen dan dengan mahasiswa ketika perkuliahan berlangsung secara online. Jika dibiarkan maka hal ini dapat membuat mahasiswa tidak nyaman dalam belajar sehinga tujuan pembelajaran akan sulit dicapai secara optimal

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...